Plumbum

Pemesanan Tiket Kereta

Posted on: May 6, 2010

Transportasi kian ada perkembangan dalam pemanfaatan teknologi informasi selain hal tersebut kerjasama antar BUMN juga terjalin dengan baik. Dapat dilihat dari artikel dibawah ini, terlihat kerja sama antara PT. KA dan PT. POS serta PT. Telkom. Hal seperti perlu terus ditingkatkan sehingga Indonesia semakin maju dan terpandang.🙂 sumber: Website PT. KA

Untuk KA Komersial ( Eksekutif dan Bisnis )

A. Penjualan dan pemesanan di Loket stasiun PT. KA.
  1. Penjualan melalui loket di stasiun dilayani atau dibuka mulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Untuk pemesanan tiket, dilayani mulai 30 hari sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pembayaran tiket sesuai dengan tarif KA yang bersangkutan.
B. Pemesanan lewat Pusat Reservasi
  1. Pembelian atau pemesanan tiket KA dilayani mulai dari 30 hari sampai dengan jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Calon bisa datang langsung untuk memesan tiket dengan membayar sesuai tarif dan yang bersangkutan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
C. Penjualan lewat Agen
  1. Penjualan lewat agen ini dilayani mulai dari 30 hari – 1 hari sebelum keberangkatan KA yang dimaksud
  2. Calon penumpang bisa datang langsung untuk membeli tiket dengan membayar sebesar tarif plus ekstra charge dan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
  3. Penjualan lewat agen ini hanya melayani penjualan tiket KA untuk penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
D. Penjualan lewat Call Center
  1. Penjualan atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di Call Center KA melalui nomor panggilan 121 dan 021 – 21391121.
  2. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kode booking / kode bayar yang selanjutnya penumpang dapat melakukan pembayaran lewat e-banking.
  3. Untuk saat ini bank yang bisa melayani adalah ATM Bank Mandiri, Bank BII, Bank BRI dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah.
  4. Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking.
  5. Resi pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online.
  6. Pemesanan tiket dianggap batal jika pembayaran melalui ATM tidak dilakukan dalam periode waktu 3 jam tersebut.
  7. Pemesanan tiket lewat Call Center ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 1 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  8. Pemesanan tiket tersebut hanya untuk tiket dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
E. Penjualan lewat loket PT. POS
  1. Penjualan dengan sistem ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 2 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  2. Pemesanan / penjualan dengan sistem ini dilayani di loket kantor Pos yang sudah online.
  3. Dalam pemesanan / penjualan tiket dengan sistem ini, calon penumpang bisa langsung membayar tiket KA sebesar tarif plus ekstra charge.
  4. Kemudian calon penumpang memperoleh resi atau bukti pembayaran yang oleh calon penumpang akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun.
  5. Pada resi yang diberikan oleh PT. POS ini sudah ada informasi mengenai KA, tanggal keberangkatan, al dan tujuan, dan juga ada informasi kode booking / kode bayar yang akan dipakai stasiun untuk mencetak tiket.
  6. Pemesanan / pembelian tiket KA melalui sistem ini juga hanya melayani penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
Untuk KA Ekonomi :
A.
Pada prinsipnya penjualan tiket KA Ekonomi dilakukan secara langsung di loket stasiun sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan
B.
Beberapa Daop tempat pemberangkatan awal KA melayani pemesanan tiket KA Ekonomi yang pelaksanaannya diatur sesuai kebijakan Daop masing-masing
C.
Untuk KA kelas Ekonomi yang sudah menggunakan tiket komputer baru 3 Daop, yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya ; itupun baru dari stasiun awal pemberangkatan KA

5 Responses to "Pemesanan Tiket Kereta"

wah bermanfaat skalieee….tp lbih brmanfaat lg klo dicantumkan jg dialog pemesanannya:-)

Dik ini dialognya:
Yoma: Halo
Operator: Halo Mas, apa kabar?
Yoma: Alhamdulillah baik, pa kabar juga?
Operator: Baik juga Mas, ada yang bisa saya bantu?
Yoma: Mau pesan tiket kereta, dari kota X ke kota Y, kereta A, kelas B, tanggal K bulan L tahun M, kelas eksekutif, untuk satu orang, berapa harganya?
Operator: harganya blablabla?, tolong dicatat kode bookingnya: oooo, nanti bisa langsung dibayar diatm, pada waktu ke stasiun ditukar dengan yang asli
Yoma: ok terimakasih, sampai ketemu lagi
Operator: sama2 selamat jalan semoga selamat sampai di tujuan

wah, sayangnya jarang naik kereta, biasanya kalo nggak sepawat ya bis…. nanti kalo naik kereta baca ini dulu deh….😀

emang tiket ka ekonomi bisa pesan dulu?

nice blog..
ditunggu kunjungan baliknya..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

May 2010
M T W T F S S
« Mar   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 99,684 hits

Top Clicks

  • None

Archives

%d bloggers like this: