Plumbum

Mengukur Busur Bisnis Subur Jasa Pengeboran

Posted on: April 10, 2008

Terobosan kultural paling mendasar dalam pola bisnis Pertamina adalah mengubah mindset dan perilaku setiap individu warga korporasi dari sikap amtenar birokratis menjadi enterpreneur yang siap merajakan pembeli. Perubahan subtansi budaya kerja ini dengan gampang dapat kita baca pada fungsi-fungsi yang bisnisnya bergerak dalam bidang jasa.

Dibanding dengan bisnis berbasis dagangan produk maka jualan jasa tampak lebih nyata, sejauh mana budaya produsen menampilkan diri bak seorang raja karena ia memonopoli ketika diukur dengan tuntutan pasar yang secara klasik belum berubah, yakni mengedepankan pelayanan. Nah, ukuran sukses transformasi Pertamina seyogyanya kita potret dari prespektif kebarhasilan kita mengubah budaya kerja. Apakah pola pikir serta pola tindak masa lalu yang sangat birokratis, tambun dan lelet telah berubah menjadi wirausaha yang mampu menjemput bola, bergerak lincah tanpa henti dalam segala cuaca, mengisi seluruh ceruk pasar secara kreatif dan inovatif.

Di lingkungan jajaran Direktorat Hulu, laku enterpreneur harus ditunjukkan juga oleh para pekerja yang berkiprah di Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI). Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab usaha jasa pengeboran belum ada sekolahnya. Bisnis ini bercirikan kekhasan baik dalam mengevaluasi potensi resiko dan peluang kerap memerlukan kepekaan “intuisi “. Terutama dalam melakukan prediksi apa yang bakal terjadi di kedalaman ribuan meter di bawah permukaan tanah.

Karakter sumberdaya manusia (SDM) dengan dua sisi tampilan yang seperti bertolak belakang itu – antara sisi pelayanan dan intuisi dalam menetapkan keputusan saat operasi – adalah soft capital yang terus ditumbuhsuburkan dalam pembinaan SDM PDSI. Karena itu, untuk mengakomodasi kedua sisi tersebut managemen PDSI mengambil langkah strategis, mendirikan Drilling Training Center di Mundu. Mengingat bisnis jasa pelayanan pengeboran akan terus berkembang, baik dari segi inovasi teknologi maupun peluang pasar yang semakin meningkatkan ke depan maka Pusat Pelatihan Pengeboran Mundu, diharapkan usaha PDSI akan terus berkibar, tidak hanya di dalam negeri tetapi hingga mancanegara.

Kalkulasi strategis tentang pasar layanan jasa pengeboran yang terus mekar, terutama di dalam negeri memang tak akan pernah habis meski migas Indonesia telah kering sekalipun. Sebab, lahan garapan tempat jasa pengeboran ditawarkan bukan hanya dalam pengeboran migas saja. Selain itu Indonesia sebagai negara yang secara alamiah dililit oleh sabuk vulkanis Medeterania di wilayah barat serta Sirkum Pasifik di wilayah timur, merupakan lahan subur, bagi usaha jasa pengeboran dalam memproduksi energi panas bumi.

Oleh karena itu, kebijakan menyapih PDSI menjadi sebuah entitas bisnis mandiri mendesak untuk disegerakan. Hal ini bukan saja untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar masa depan namun saat inipun, permintaan layanan jasa pengeboran seiring booming harga migas terus berdatangan.

Kita tidak bisa membayangkan apa yang terjadi ketika tender jasa pengaboran dilakukan oleh anak-anak perusahaan di bawah jajaran manajemen Direktorat Hulu Pertamina, tidak dapat diikuti oleh PDSI karena statusnya terkendala regulasi, alias secara formal administrasi belum mandiri. Tentu, PDSI akan gigit jari. Potensi yang ada seolah-olah menjadi puso seketika, bak sawah siap dipanen dilanda bah yang tumpah dari ketinggian. Pada kondisi ini, kenapa telunjuk harus diarahkan. Bahwa ada kesia-siaan dalam kiprah profesionalisme kita. Semoga, jangan sampai menjadi kenyataan. Na’uzubilah…(one).

Sumber: Media Hulu Maret 2008

9 Responses to "Mengukur Busur Bisnis Subur Jasa Pengeboran"

ya…ya..
sestuju kamu opini punya..

terima kasih😀

blog berkesan, teruslah menulis.
salam dari arsitektur rumah

Terima kasih kunjungannya

[…] Perusahaan. Memiliki status baru seperti 19 Anak Perusahaan PT. Pertamina. Mulai bersaing dalam bisnis subur pemboran yang akhir-akhir ini mulai mencuat dan ramai. Pertamina juga menyuntikkan dana Rp 500 miliar untuk […]

Ass, Sebelumnya perkenalkan nama saya Wawan Bunawan ingin sekali bekerja di Perusahaan bpk, Pengalaman kerja Store kepper pengalaman 1 thn di Usayana.trims

Ass, Sebelumnya perkenalkan nama saya Wawan Bunawan ingin sekali bekerja di Perusahaan bpk, Pengalaman kerja Store kepper pengalaman 1 thn di Usayana.hp 081324975700 trims.

ass,nama saya mamat pengalaman kerja di rig kurang lebih 21 th.pengalaman kerja saya dari tahun 1989 di catering PT.Ogspiras Bina Drilling yang sekarang berganti nama rig PT.Century drilling limitet Jabatan terachir Camp bos ( 1993 s/d 1999 ) dari tahun 2000 sampai sekarang menjadi Coordinator crew di berbagai PT.yang mengelola labour suplayer yang sifat nya tidak tetap.saya berkeinginan sekali bekerja menjadi karyawan yang permanen.

no hp saya 085853053882 atau 082139391956

ass,nama saya mamat pengalaman kerja di rig kurang lebih 21 th.pengalaman kerja saya dari tahun 1989 di catering PT.Ogspiras Bina Drilling yang sekarang berganti nama rig PT.Century drilling limitet Jabatan terachir Camp bos ( 1993 s/d 1999 ) dari tahun 2000 sampai sekarang menjadi Coordinator crew di berbagai PT.yang mengelola labour suplayer yang sifat nya tidak tetap.saya berkeinginan sekali bekerja menjadi karyawan yang permanen. no hp saya 085853053882 atau 082139391956

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

April 2008
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 99,684 hits

Top Clicks

  • None

Archives

%d bloggers like this: