Plumbum

HP Nokia BL-5C meledak

Posted on: February 25, 2008

Sebenarnya berita mengenai 100 dari 46 juta baterai nokia yang meledak karena overheat ini sudah lama saya ketahui. Namun ternyata belakangan ada HP punya teman yang memiliki HP dengan baterai yang setipe dengan baterai yang meledak tersebut. Berikut ini adalah ringkasan berita yang pernah saya baca di Rakyat Merdeka Agustus 2007 itu, semoga berguna:

Nokia Corp mengumumkan akan segera mengganti sejumlah baterai ponsel. Walau tak ada yang mengalami cidera serius atau menderita kerusakan barang-barang akibat insiden baterai rusak ini. Nokia menyatakan jika baterai produksi perusahaan jepang, Matsushita Electric Industrial Co itu mengalami overheat dan juga menyebabkan masalah hubungan pendek dalam pnsel tertentu.

Matsushita yang berada di bawah merek Panasonic telah memproduksi 46 juta baterai jenis BL-5C untuk Nokia selam kurun waktu Desember 2005 sampai Nopember 2006. Dan khasus meledaknya ponsel hanya terjadi pada baterai produksi Matsushita dalam kurun waktu itu.

Khasus yang hampir sama juga pernah terjadi pada sebuah baterai laptop Sony beberapa waktu yang lalu, namun akibat yang ditimbulkan tidak sama karena baterai laptop jauh lebih besar dalam energi yang disimpannya.

Baterai BL-5C sendiri adalah satu dari 14 model baterai berbeda yang digunakan Nokia. Pada saat pengisian daya (charging) baterai Nokia BL-5C ini memungkinkan menjadi lebih panas dibanding baterai jenis biasa.
Baterai Nokia BL-5C ini juga tidak digunakan di semua produk Nokia. Untuk dapat mengidentifikasi baterai BL-5C yang diproduksi Matsushita adalah terdapat tulisan Nokia dan BL-5C di bagian depan baterai.

Pada bagian belakan, tanda Nokia tercetak pada bagian atas dan nomer identitas baterai (terdiri dari 26 karakter) yang dapat terlihat pada bagian bawah.

Baterai yang diproduksi Matshusita dengan kurun waktu Desember 2005 dan Nopember 2006 dapat terlihat dari nomor identifikasi yang tertera. Teman-teman dapat menukarkan baterai secara cuma-cuma atau dapat menghubungi Nokia Call Center terdekat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Recent Comments

imam on Safety
Bowo Rusena on HSE
Hery on HSE
cahclp on HSE
girlshopaholic on HSE
Pengertian HSE | on HSE
Susilo on Apakah Seorang Manajer Juga Se…

Blog Stats

  • 85,754 hits

Top Clicks

  • None

Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: